06
Nov
09

Strategi Menyerang Bermain Sepak Bola

STRATEGI MENYERANG DALAM BERMAIN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN FORMASI 4-2-4

Satu prinsip penting yang harus diingat ketika sedang menyerang adalah bagaimana meningkatkan penetrasi kita pada bola. Caranya adalah dengan compressing the field ‘menekan lapangan’. Maksudnya, seiring dengan bergeraknya bola ke arah depan, kita sebagai satu tim harus ikut bergerak maju. Dengan demikian, support terhadap teman yang membawa bola akan maksimal, dan kita akan mencoba memenangkan jumlah di daerah lawan (yakni bagaimana agar jumlah yang terlibat dalam serangan tidak kalah dengan jumlah para pemain lawan yang bertahan).

Demikian pula, kiper juga jangan hanya berdiri di garis gawang. Ketika tim sedang naik, kiper harus ikut naik, bahkan sampai keluar kotak gawang. Namun keluarnya jangan terlalu jauh. Dalam sepakbola modern, kiper juga ‘harus ikut bermain’. Dalam hal ini, kiper memiliki peran sebagai seorang sweeper (libero).

Salah satu strategi penyerangan adalah menggunakan formasi 4-2-4. Formasi menyerang ini dapat diterapkan jika sebuah team sepak bola memiliki 2 pemain sayap yang memiliki umpan silang yang akurat. Selain itu postur yang tinggi juga sangat membantu dalam pelaksanaan strategi ini karena memudahkan untuk memenakbngkan duel-duel udara dengan pemain belakang lawan. Dalam formasi ini banyak dilakukan umpan-umpan silang dari kedua sayap ke striker yang sudah berada di kotak penalty. Ketika 4 pemain terdepan menyerang pada daerah kotak penalti lawan, 2 pemain dibelakangnya yang bertugas sebagai gelandang bertahan ikut maju kedepan mengantisipasi kalau serangan itu gagal dan lawan melakukan serangan balik. 2 pemain gelandang bertahan ini menempatkan diri di wilayah kira-kira bola tersebut akan lepas control dari 4 pemain penyerang. 4 pemain bertahan mengikuti ke depan tetapi tidak ikut menyerang.

Back sayap dapat maju agak kedepan untuk membantu gelandang bertahan menyerang. 2 back tengah tetap berada dibelakang tidak ikut membantu serangan. Dapat dijelaskan oleh gambar di bawah ini.

Keterangan :

: Striker

: Gelandang bertahan

: Back/Pemain belakang

: Kiper

Tanda panah menunjukkan arah gerak pemain.

Batas pemain naik kedepan sampai garis tengah. Jika melebihi garis tengah tidak akan berlaku offside jika pemain lawan berada di belakang pemain kita paling belakang. Kiper juga ikut naik kedepan tapi jangan terlalu naik kedepan karena dapat membahayakan gawang ketika serangan balik.

About these ads

0 Responses to “Strategi Menyerang Bermain Sepak Bola”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya.

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Top Rated

Blog Stats

  • 73,968 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: